DAK (Dana Alokasi Khusus)

Hell-o, long time no see yeah^^

-----
Artikel kali ini aku ingin membahas tentang DAK (Dana Alokasi Khusus) Pendidikan Kab. Bojonegoro.


Pertama-tama, apa sih DAK itu?


1. DAK (Dana Alokasi Khusus) adalah alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada provinsi/kabupaten/kota tertentu dengan tujuan untuk mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Pemerintahan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. (https://id.wikipedia.org/wiki/Dana_Alokasi_Khusus)
2. DAK (Dana Alokasi Khusus) adalah dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. (http://www.djpk.depkeu.go.id/wp-content/uploads/2016/01/DAK.pdf)
---
Kedua, berapa DAK yang diterima oleh masing-masing siswa?

Menurut Perbup Nomor 20 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perbup Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan DAK bidang Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Berikut besaran dana alokasi khusu yang diterima siswa SLTA se-Kabupaten Bojonegoro :

1. Rp2.100.000 siswa kelas X dan XI yang masuk dalam kategori orangtuanya miskin/Program Keluarga Harapan.
2. Rp1.050.000 siswa kelas XII yang masuk dalam kategori orangtuanya miskin/Program Keluarga Harapan.
3. Rp2.000.000 siswa kelas X dan XI yang masuk dalam kategori orangtuanya non miskin/mampu.
4. Rp1.000.000 siswa kelas XII yang masuk dalam kategori orangtuanya non miskin/mampu.
5. Rp1.000.000 siswa kelas X dan XI yang masuk dalam kategori orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS) Golongan I dan II.
6. Rp500.000 siswa kelas XII yang masuk dalam kategori orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS) Golongan I dan II.
7. Rp500.000 siswa kelas X dan XI yang masuk dalam kategori orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS) Golongan III dan IV.
8. Rp250.000 siswa kelas XII yang masuk dalam kategori orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS) Golongan III dan IV.
(https://beritabojonegoro.com/read/10860-berikut-besaran-penerimaan-dak-pendidikan-bagi-siswa-slta-di-bojonegoro.html)
---
Lalu, bagaimana proses pencarian DAK?
Menurut pengalamanku dulu (kelas XI), setiap siswa diharuskan mengumpulkan fotocopy KK untuk dilakukan pedataan di Balai Desa. Kita menunggu beberapa bulan untuk panggilan pembagian uang. Dulu, setiap siswa mendapat DAK pendidikan sebesar Rp2.000.000 yang diberikan secara tunai Rp1.000.000 kemudian sisanya dibagikan secara kolektif pada masing-masing sekolah untuk digunakan membayar SPP.
Di kelas XII sekarang, kemarin aku juga melalui beberapa proses. Yang pertama pemanggilan ke Balai Desa untuk melakukan pendataan setiap nomor rekening dan tanda tangan. Jumlah uang yang didapat juga berbeda setiap siswa sesuai dengan aturan yang dijelaskan sebelumnya. Kemudian kita menunggu beberapa bulan untuk panggilan selanjutnya. Panggilan ini kita mendapatkan kwitansi dana yang kita dapatkan. Kemudian, untuk mencairkan dana kita harus memiliki surat rekomendasi dari sekolah. Jika syarat-syarat sudah lengkap yaitu buku rekening, surat rekomendasi sekolah, dan kwitansi kita dapat langsung mencairkan dana di BPR.
---
Apasih sebenarnya kegunaan dari adanya DAK Pendidikan secara ideal?
Ya yang pasti untuk segala keperluan pendidikan. Seperti membayar SPP, membeli buku penunjang sekolah, membeli sepatu, tas, dan perlengkapan sekolah lainnya.

Kegunaan bantuan DAK secara riil?
Tidak semua orang mampu memanfaatkan dana ini dengan baik dan benar. Rata-rata dari mereka masih menggunakan uang DAK untuk memenuhi nafsu mereka. Seperti untuk membeli hp. Memang, zaman sekarang hp sangat dibutuhkan tapi kita juga harus tahu mana yang lebih diprioritaskan. DAK diadakan agar tidak ada lagi generasi-generasi bangsa yang tidak sekolah jadi kegunaan DAK secara ideal harus diwujudkan untuk mencapai tujuan pemberian DAK yang sebenarnya.
Saya berterima kasih dengan sepenuh hati kepada pemerintah atas bantuan dana tersebut. Bukan hanya saya, tapi juga siswa-siswa se-Kabupaten Bojonegoro mengucapkan terima kasih tentunya karena kami sangat terbantu dengan adanya dana ini.
---
Jadi itulah beberapa hal yang dapat saya jelaskan mengenai DAK. Semoga bermanfaat.
Maaf apabila ada salah dalam penulisan, informasi. Harap maklum.
Thx. 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

About Me