Bakti Sosial dan Penanaman Pohon oleh siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro di desa Kandangan, Kec. Trucuk

Assalammualaikum...
Hai teman^^
Ketemu lagi yaaa, wkwk. Ini adalah postingan keduaku. Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku dan teman-teman saat mengikuti bakti sosial dan penanaman pohon.
Kegiatan ini dilaksanakan hari Minggu, 08 Mei 2016. Kegiatan bakti sosial diadakan dalam rangka memperingati hari kepalangmerahan internasional yang jatuh tepat pada hari itu juga. Kegiatan ini juga merupakan bukti nyata perjuangan PMI dalam memperjuangkan pengesahan RUU kepalangmerahan. Selama 70 tahun PMI berdiri tidak memiliki UU namun sudah memiliki landasan hukum yaitu Kepres. Sedangkan penanaman pohon dilaksanakan dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Kegiatan hari itu ialah bakti sosial, menengok adik Rafi (sepengetahuan saya) yang terkena penyakit hedrosepalus, pemberian sumbangan Al Qur'an, dan penanaman pohon di desa Kandangan, Kec Trucuk.
Desa Kandangan terletak paling ujung di barat daya kec trucuk. Jarak desa Kandangan ke kec trucuk kurang lebih 7km dan jika dari kabupaten Bojonegoro sekitar 18km. Desa Kandangan dikelilingi oleh sungai Bengawan solo sekitar 70% wilayahnya.
Perjalanan kami dimulai jam 7 yang diawali dengan pengarahan oleh Kepala Sekolah, Pembina PMR, dan Pembina OSIS Sie 7. Kemudian kami berdoa bersama agar diberi kelancaran dan semoga kegiatan kami mendapat ridho Allah. Sampai akhirnya kami semua berangkat bersama mengendarai motor. Perjalanan dari sekolah ke Kandangan cukup jauh. Baru awal perjalanan aku dan temanku tersesat. Kita mencoba menghubungi setiap orang untuk menanyakan jalan menuju desa Kandangan namun tidak ada yang tahu secara pasti letak desa tersebut. Akhirnya kami mencoba untuk menggunakan Google maps. Kami ke desa Kandangan sesuai dengan arah yang ditunjukkan oleh Google maps. Jalan yang kita lewati tidak selalu mulus. Ditengah perjalanan Google maps berhenti karena tidak adanya signal dan kami harus melewati jalanan berlumpur. Tapi kita tetap semangat menempuhnya. Alhamdulillah kami bertemu dengan sebagian siswa yang juga mengikuti kegiatan tersebut. Namun ternyata mereka juga tersesat seperti kita. Akhirnya kami menanyakan letak desa Kandangan kepada warga sekitar dan mereka memberi petunjuk pada kita arah yg harus kita tuju. Tak lama, kita sampai di desa Kandangan.
Di balai desa Kandangan sudah berkumpul kepala desa, ketua RT, karang taruna, dan beberapa warga desa tersebut. Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan kepala desa Kandangan, sambutan Kepala SMAN 1 Bojonegoro, dan sambutan dari perwakilan PMI kab Bojonegoro. Setelah sambutan ialah penyerahan simbolis sebuah pohon oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Bojonegoro kepada Kepala desa Kandangan. Selanjutnya penyerahan simbolis Al Qur'an oleh Bapak Kadeni, penyerahan bantuan sosial oleh Bapak Aris Yuliantono, dan penyerahan karpet mushola oleh perwakilan PMI kepada kepala desa Kandangan. Acara selanjutnya ialah penanaman pohon keras oleh siswa dan guru SMAN 1 dibantu oleh warga sekitar. Kemudian siswa dibagi menjadi 15 tim sesuai dengan jumlah RT yang terdapat di desa Kandangan untuk memberikan bantuan sosial. Dan sisanya sebanyak 6 siswa menengok dan memberikan santunan untuk adik Rafi penderita hedrosepalus. Setelah semua kegiatan selesai kami semua kembali bertemu di balai desa Kandangan dan menutup acara seraya berdoa semoga kami mendapat ridho Allah dan semoga bantuan yang kami berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi warga desa Kandangan. Kami berpamitan kepada seluruh warga desa Kandangan dan kembali ke SMAN  1 Bojonegoro. Kegiatan tak terasa berlalu sangat cepat. Kami sampai di SMAN 1 Bojonegoro pukul 11.30. Dan kegiatan kita hari itu telah usai.
Semoga pengalaman kami dapat menginspirasi para pembaca dan semoga kami dapat selalu membantu dan menolong sesama.
Gambar 1. Jalan lumpur menuju desa Kandangan
Gambar 2. Acara pembukaan di balai desa Kandangan
Gambar 3. Penyerahan simbolis sebuah pohon keras oleh kepala SMAN 1 Bojonegoro kepada Kepala desa Kandangan


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

About Me