Cara Membuat Puisi Dengan Mudah


Assalammualaikum Wr. Wb.
Hellaw everybody /maafinalay/
Ini adalah tulisan blog pertamaku untuk blog ini. Sebenarnya blog ini adalah salah satu tugas mata pelajaran prakarya. Hehe, maafkeun blm benar-benar fokus.
Karena ini adalah tulisan pertama aku mau berbagi tips and trik cara membuat puisi dengan mudah menurut Ibu Sriyati guru mata pelajaran BHS Indonesia di sekolahku. Bu Sriyati itu guru yang sangat baik dan lucu. Beliau merupakan pembina pramuka di sekolahku. Tpi jujur saja aku sering ngantuk bahkan tertidur karena jam pelajaran beliau yang slalu di akhir. Hoamm..
Kembali fokus..
Membuat puisi sebenarnya mudah. Hanya saja karena kita malas dan pemikiran kita yg sudah bilang sulit maka membuat puisi dianggap menjadi hal yang sulit. Aku juga pernah berfikir seperti itu. Apalagi jika harus membuat puisi yg sesuai dengan tema yang ditentukan. Hmm, pusing pala berbi. Wkwk..
Tips and trik membuat puisi yang mudah:
1. Tentukan tema puisi yang akan dibuat.
2. Pikirkan beberapa kata untuk mengisi setiap baris puisi.
3. Tambahkan kata-kata pada setiap kata yang telah disediakan di tips no 2.
4. Selesailah puisi yg diinginkan.
Pasti masih bingung kan karena kalimatnya sulit dipahami? Hmm, ckptw.
Aku akan memberi contoh agar kalian lebih paham. Ini puisi karyaku disaat aku sedang tidak dalam kondisi yang benar adanya/?
1. Tentukan tema. Contoh: Rasa hatiku saat ini
2. Pikirkan kata untuk setiap baris. Contoh
Baris 1 ........ Hati .......
Baris 2 ........ Perasaan ........
Baris 3 ........ Benci ......
Baris 4 ........ Lelah ......
Baris 5 ........ Entah ......
Baris 6 ........ Picik .......
Baris 7 ........ Semua ......
Baris 8 ........ Peduli .......
Baris 9 ........ Ringkih .....
Baris 10 ....... Menangis .......
Baris 11 ....... Sendiri ........
Baris 12 ....... Beban .......
Baris 13 ....... Tolong ......
Baris 14 ....... Pegangan .........
Baris 15 ....... Tarik .......
Baris 16 ....... Bangkit .......
Baris 17 ...... Berdiri ....
3. Disini kalian harus mengisi titik-titik didepan, dibelakang, atau diantara kata yang telah kalian tentukan tadi.
4. Hasil dari puisi:
Kasihan sekali hati ini (aku menambahkan kata diantara kata 'hati' yg aku pilih di tips no 2)
Memendam selalu perasaan sakit (aku juga menambahkan kata diantara kata 'perasaan')
Juga benci (aku menambahkan kata hanya diawal kata 'benci' yang aku pilih tadi, dst sampai paling bawah juga sama kok caranya)
Aku lelah
Entah tentang apa
Mungkin, tentang seseorang yang sangat picik
Mereka semua yang selalu palsu
Pura-pura peduli
Malah, yang membuat ringkih
Bahkan menangis
Dan terpuruk sendiri
Aku tidak terbeban, hanya....
Lupakan, hanya tolong aku
Sekarang aku butuh pegangan
Sebuah tangan yang mampu menarik ku
Agar aku bangkit
Bahkan sampai berdiri
Sudah yaaa.. Gimana udh jelas? Semoga yaa. Kalau blm bisa chat yaaa. Wkwk. Sekian tips and triknya. Semoga bermanfaat dan selalu senang dengan postingan-postingan di blog ini. Terima Kasih:D

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

About Me